Pengembangan Potensi Pariwisata di Karanganyar dari Kompenen 3A

Authors

  • Octaviani Gita Putri Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Denny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i3.242

Keywords:

3A, Karanganyar, Pariwisata, Pengembangan, Potensi

Abstract

Karanganyar adalah salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang kaya akan potensi pariwisata yang mempesona bahkan dua diantaranya masuk dalam kategori Situs Warisan Dunia UNESCO serta kaya akan atraksi seni tradisional. Oleh karena itu Karanganyar sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata favorit yang bertaraf nasional maupun internasional. Berdasarkan metode analisis yang didasarkan pada survei obyek wisata, kajian pustaka, dan melakukan wawancara pada wisatawan, dan menggunakan teori Atraksi, Akses dan Amenitas (3A), maka didapatkan bahwa potensi pariwisata di Karanganyar yang sangat besar dan memiliki prospek yang sangat baik tersebut belum diikuti dengan pengembangan yang maksimal. Sehingga dengan mengembangkan potensi pariwisata dengan memperhatikan Atraksi, Akses dan Amenitas tersebut, maka potensi pariwisata di Karanganyar dapat semakin berkembang pesat, semakin meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

 

 

References

Amerta, I.M.S. (2019). Pengembangan Pariwisata Alternatif. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Damardjati, R.S. 2001. Istilah-istilah Dunia Pariwisata, edisi revisi, cetakan keenam. Jakarta. Pradinya Paramita.

Susantono, Bambang. 2013. Langkah Kecil Yang Kita Lakukan Menuju Transportasi Yang Berkelanjutan. Jakarta: Masyarakat Transportasi Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2013. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing Tjiptono, Fandy. 2015.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra. 2016. Service, Quality, and Satifaction, Edisi Keempat, Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Octaviani Gita Putri, & Denny Asmara. (2022). Pengembangan Potensi Pariwisata di Karanganyar dari Kompenen 3A. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(3), 200–206. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i3.242