Rumah Peradaban dan Rumah Budaya sebagai Perkembangan Arsitektur Tradisional Jawa di Era Global

Authors

  • Sri Yuwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang

Keywords:

Potensi Budaya Lokal, Pengembangan Pariwisata.

Abstract

Tulisan ini adalah hasil penelitian tentang perkembangan bentuk dan fungsi rumah rakyat guna menemukan makna rumah bagi penghuninya di masa kecepatan perkembangann informasi, komunikasi, teknologi, dan pengaruhnya pada bentuk dan fungsi atau manfaat runah sebagai tempat hidup. Pembahasaannya secara kualitatif dengan memanfaatkan studi dan konsep kebudayaan,dalam hal ini kulturalism, yang menunjukkan segi keseharian dari suatu kultur. Selain itu penelitian ini juga berusaha mempelajari realita budaya rakyat yang berkembang, untuk menunjukkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat dalam upaya melestarikan nilai tradisional bangunan rumah tinggal,dan menemukan makna kearifan lokal yang dapat ditarik dari proses pembangunan perumahan rakyat di masa kini, yang dapat dimanfaatkan untuk merumuskan kebijakan bidang perumahan di masa datang. Pengambilan samplenya secara purposif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik rumah yang diteliti,   dan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasilnya adalah: tumbuhnya bentuk baru dan munculnya gaya-gaya hibrida yang lebih mendominasi perkembangan arsitektur rumah rakyat masa kini di perkotaan, fungsi ruang yang tidak biasa, dan perubahan nilai makna  tradisi rumah dari perlindungan menjadi wadah kegiatan, dari simbol capaian hidup dan martabat kehormatan keluarga menjadi simbol  kepemilikan aset dan fungsi penyimpanan.

References

Budihardjo, E. ed. 1997. Arsitektur Pembangunan dan Konservasi . Jakarta : Djambatan

Endraswara, S. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta:Gajah Mada Univ. Press

Ronald, A. 2005. Nilai-Nilai Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Yogyakarta: Gajah Mada Univ. Press

Setiadi, E.M. dkk. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Edisi ketiga. Bandung: Kencana

Snyder. J.C, ed. 1984. Architectural Research. New York: Van Nostrand Reinhold. Yoeti. O.A. 2006. Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Sri Yuwanti. (2020). Rumah Peradaban dan Rumah Budaya sebagai Perkembangan Arsitektur Tradisional Jawa di Era Global. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(1), 65–80. Retrieved from https://stiepari.org/index.php/gemawisata/article/view/112