Penerapan Standar Operasional Prosedur Terhadap Penyimpanan Bahan-Bahan Kering Dalam Kegiatan Praktikum Pengolahan Makanan Universitas Pelita Harapan

Authors

  • Vriandi Hapsara Universitas Pelita Harapan
  • Samantha Putri Jemy Universitas Pelita Harapan
  • Florensia Irena Gunawan Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemawisata.v19i1.274

Keywords:

Standar Operasional Prosedur, Penyimpanan, Bahan Kering, Kontaminasi.

Abstract

Terdapat beberapa jenis bahan makanan yang digunakan di dalam Laboratorium Pengolahan Makanan di Program Studi Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan, salah satunya adalah jenis bahan kering atau yang dikenal juga sebagai jenis bahan groceries. Standar Operasional Prosedur yang berlaku di Laboratorium Pengolahan Makanan di Program Studi Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan hingga saat ini masih belum terlaksanakan dengan baik. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dan perhatian dari orang- orang yang bertugas di laboratorium pengolahan makanan seperti mahasiswa, laboran dan dosen pengampu mata kuliah yang menggunakan Laboratorium Pengolahan Makanan. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang timbul dalam melakukan kegiatan penyimpanan bahan kering dan untuk mengetahui prosedur yang tepat dan sesuai dengan standar dalam melakukan penyimpanan bahan kering di Laboratorium Pengolahan Makanan Program Studi Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan. Selain itu, penulis juga melakukan pengamatan terhadap penerapan metode FIFO (first in first out) dan food labeling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penyusunan dan penerapan SOP masih kurang maksimal dan penegakkan juga kurang. Metode penyimpanan dianggap sudah sesuai namun terbatasi oleh fasilitas dan SOP yang belum sempurna. Metode FIFO sudah ditekankan namun praktiknya kurang maksimal namun food labelling sudah berhasil diterapkan.

References

Alamsyah, D. (2018). Penerapan Standar Operasional Prosedur Pada Food and Beverage Product Khususnya Di Section Breakfast Di Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort. Penerapan Standar Operasional Prosedur Pada Food and Beverage Product Khususnya Di Section Breakfast Di Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort, 1, 1–68.

Anisakoh, A. (2020). Gambaran penyimpanan bahan makanan kering di instalasi gizi rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping Sleman. Gambaran Penyimpanan Bahan Makanan Kering Di Instalasi Gizi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Sleman, 1, 1–68.

Creswell, J. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (V. Knight, J. Young, K. Koscielak, B. Bauhaus, M. Markanich, & A. Hutchinson, Eds.; 4th ed.). SAGE Publications.

Fauzzia, W., Rahmayani, R., & Handayani, R. (2022). Peranan standar operasional prosedur dalam meningkatkan kinerja cook di kitchen departement hotel harper purwakarta by aston, 1, 1–6.

Firmansyah, L. (2019). Proses Pengajuan Dana dan Rancangan SOP Pada PT X Kabupaten Sleman. 1, 1–39.

Hardani, & dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Husnu Abadi, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Penerbit Pustaka Ilmu.

Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisa Data Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/20838/

Hermawan, B. (2020). Meminimumkan Kerusakan Pada Penyimpanan Bahan Makanan Tidak Tahan Lama Dalam Operasional Hotel. Meminimumkan Kerusakan Pada Penyimpanan Bahan Makanan Tidak Tahan Lama Dalam Operasional Hotel, 1, 1–14.

Muhadi, I. (2017). Implementasi Penyimpanan Bahan Makanan di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Implementasi Penyimpanan Bahan Makanan Di Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang, 1, 1–13.

Pahleviannur, M., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Dr. F. Sukmawati, Ed.; Vol. 1).

Pramawati, K., & dkk. (2019). Storing system dalam meningkatkan kelancaran operasional barang di discovery kartika plaza hotel bali. Storing System Dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang Di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, 2, 1–14.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Haidir, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Ciptapustaka Media.

Sanoto, H. (2020). Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang Dalam Rangka Peningkatan Mutu Manajemen Organisasi. Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang Dalam Rangka Peningkatan Mutu Manajemen Organisasi, 1, 1–6.

Sari, D. (2018). Analisis perhitungan persediaan dengan metode fifo dan average pada pt harapan. Analisis Perhitungan Persediaan Dengan Metode Fifo Dan Average Pada Pt Harapan, 1, 1–8.

Siadari, F. (2020). Gambaran Sistem Penyimpanan Bahan Makanan Kering dan Basah di Instalasi Gizi Rumah Sakit. Gambaran Sistem Penyimpanan Bahan Makanan Kering Dan Basah Di Instalasi Gizi Rumah Sakit, 1, 1–40.

Syahnan, R., Sianipar, S., & Diana, S. (2019). Tinjauan Penyimpanan Bahan Makanan Perishable Dapur SOI23 di Departemen Food and Beverages pada Pacific Regency Hotel Suites Kuala Lumpur. Tinjauan Penyimpanan Bahan Makanan Perishable Dapur SOI23 Di Departemen Food and Beverages Pada Pacific Regency Hotel Suites Kuala Lumpur, 1, 1–4.

Winata, S. V. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(1) https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/101/94

Zakharia, F. (2020). Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Makanan Pada Hotel Neo Kupang. Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Makanan Pada Hotel Neo Kupang, 1, 1–10

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Vriandi Hapsara, Samantha Putri Jemy, & Florensia Irena Gunawan. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Terhadap Penyimpanan Bahan-Bahan Kering Dalam Kegiatan Praktikum Pengolahan Makanan Universitas Pelita Harapan. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 74–85. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v19i1.274